News & Events

ikterus01

BAGAIMANA MALFORMASI VENA GALEN DIDIAGNOSIS?

Posted by Ernest Admin on Sunday, 15, October, 2017


Bagaimana malformasi vena Galen didiagnosis?

bagaimana malformasi vena galen didiagnosis berbeda pada masing-masing bayi. Beberapa malformasi vena galen (VGM) dapat diidentifikasi saat melakukan pemeriksaan ultrasonografi rutin sebelum kelahiran. Mayoritas bayi diidentifikasi segera setelah lahir saat mereka mulai menunjukkan tanda dan gejala. Namun, dalam situasi yang sangat jarang terjadi, beberapa bayi dapat dipulangkan ke rumah dan masalahnya baru dicurigai saat kunjungan kesehatan / bidan melakukan kunjungan rutin. Jika jantung bayi mampu mengatasi tekanan yang meningkat, VGM mungkin tidak dikenali sampai masa kanak-kanak nanti.

Diagnosis dapat dibantu dengan pemeriksaa penunjang. Bagaimana malformasi vena galen didiagnosis dengan pemeriksaan penunjang itu? Saat bayi dicurigai memiliki VGM maka ada tiga tes standar yang bisa digunakan untuk mendiagnosa kondisi tersebut:

  • MRI (Magnetic Resonance Imagining) – Jenis pemindaian yang menggunakan medan magnet dan gelombang radio yang kuat untuk menghasilkan gambar terperinci bagian dalam tubuh. MRI scan adalah prosedur non-invasif yang dapat mendeteksi jika ada darah di otak.
  • Ultrasound kranial (CUSS) – Jenis pemindaian ultrasound yang menggunakan gelombang suara untuk membentuk citra otak melalui fontanelle (titik lemah di kepala bayi).
  • Echocardiogram (ECHO) – Jenis pemindaian ultrasound jantung yang mengukur tingkat strain atau kegagalan.
  • Angiogram – Ini adalah tes penting dalam diagnosis VOGM dan melibatkan pemeriksaan sinar-X khusus yang memungkinkan ahli radiologi, dokter spesialis yang memahami dan menafsirkan sinar-X, untuk mempelajari pembuluh darah dan organ tubuh seseorang. Dokter anak Anda akan memasukkan sebuah tabung kecil, yang disebut kateter, masuk ke dalam pembuluh darah dan kemudian menyuntikkan pewarna khusus yang membuat pembuluh terlihat pada sinar-X. Ini akan memungkinkan dokter untuk mengamati bagaimana darah bergerak melalui pembuluh darah otak. Prosedur memakan waktu sekitar satu jam.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com