News & Events

MALFORMASI 7

BAGAIMANA MALFORMASI ARTERIVENA MENGAKIBATKAN SAKIT KEPALA?

Posted by Ernest Admin on Monday, 9, October, 2017


Bagaimana malformasi arterivena mengakibatkan sakit kepala? Diketahui bahwa malformasi arterivena mengakibatkan sakit kepala, berikut penjelasannya. Pada AVM yang pecah, sakit kepala bisa terjadi akibat tekanan di dalam atau di sekitar otak dan dari iritasi akibat produk sampingan darah, kata Dr Tamargo.

Etiologi malformasi arterivena mengakibatkan sakit kepala yang tidak terganggu jarang ditemukan, walaupun telah diusulkan bahwa “Peregangan ujung saraf arteri dapat menyebabkan sakit kepala, mirip dengan pelebaran pembuluh darah pada migrain,” dan “Penyebab lain yang mungkin adalah aliran darah abnormal disekitar AVM, “katanya kepada Neurology Advisor.

Beberapa mekanisme yang melibatkan aktivasi trigeminovaskular sering diusulkan dalam literatur sebagai mekanisme yang mendasari sakit kepala nonhemorrhagic (non perdarahan) pada pasien dengan AVM: aktivasi trigeminovaskular dapat dibedakan menjadi 3 poin yaitu: tekanan intra kranial yang meningkat, Hubungan langsung antara arteri dan vena tanpa melewati anastomosis (anyaman pembuluh darah) yang mengakibatkan tingginya tekanan darah di daerah malformasi, penekanan kortikal (otak) yang menyebar.

Sistem trigeminovaskular terdiri dari serabut syaraf di saraf trigeminal (salah satu saraf kranial yang bertanggung jawab dalam penerimaan rangsang pada wajah dan fungsi motorik seperti menggigit dan mengunyah)  yang menginervasi pembuluh darah serebral. System trigeminovaskular yang teraktivasi mengakibatkan terjadinya nyeri kepala.

Tekanan intrakranial meningkat (ICP) diyakini dapat memicu sakit kepala dengan mengaktifkan sistem trigeminal pada tekanan tinggi. Temuan menunjukkan bahwa kapasitas buffering terhadap tekanan intra kranial dapat tergangu karena AVM, pasien dengan sakit kepala mungkin mengalami hipersensitifitas terhadap peningkatan tekanan dalam kepala yang ringan. “Dengan demikian, gelombang ICP yang terkait dengan AVM mungkin hanya bertindak sebagai pemicu migren yang sensitif,” tulis Ellis, dkk dalam tinjauan baru-baru ini mengenai topik ini.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com