News & Events

makanan

ATASI DIARE: HINDARI MAKANAN BERLEMAK

Posted by Ernest Admin on Saturday, 4, February, 2017


Makanan berminyak,seperti gorengan sering membuat diare menjadi lebih buruk karena lemak sulit untuk dicerna. Tapi makan sedikit lemak bisa membantu meringankan diare. Pencernaan lemak yang lambat dapat mengurangi gejala diare. Selama Anda tidak memiliki masalah menyerap lemak, tambahkan satu sendok teh mayo, mentega, atau daging tanpa lemak sedikit untuk makan berikutnya. Ini dapat membantu meringankan gejala Anda.

Jika Anda mengalami diare setelah makan makanan tinggi lemak , Anda mungkin memiliki masalah pencernaan atau kondisi lain yang memerlukan perhatian.

Irritable Bowel Syndrome, juga dikenal sebagai IBS adalah kondisi perut yang mempengaruhi usus besar, atau usus besar. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, makan makanan berlemak bahkan jumlah sedang, seperti gorengan, dapat memperburuk gejala IBS, salah satunya adalah diare berat.

Pankreatitis kronis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi pankreas, sehingga sulit bagi tubuh untuk menyerap beberapa jenis nutrisi, termasuk lemak. Pasien dengan pankreatitis kronis mungkin mengalami diare berminyak atau berlemak. Penyalahgunaan alkohol adalah penyebab umum dari pankreatitis kronis, mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap makanan tinggi lemak  yang Anda makan.

Menurut gastroenterologis Frank Jackson, M.D., perut dan sistem pencernaan kadang-kadang mengalami perubahan abnormal pada fungsi karena jenis makanan tertentu atau kombinasi makanan, dan tidak terkait dengan kondisi kronis. Makan makanan tinggi lemak sebelum naik pesawat terbang atau makan makanan berlemak saat menjalani stres yang signifikan dapat memicu diare karena reaksi tubuh terhadap kondisi eksternal. Makanan berlemak tinggi juga dapat memperburuk diare yang ada, sesuai dengan Pancreatic Cancer Action Network, yang berarti bahwa jika Anda memiliki flu perut atau jenis lain dari virus, makan makanan berlemak dapat menyebabkan mengalami diare.

Jadi haruskah kita menghindari makanan berlemak untuk mengatasi diare? Menghindari makanan berlemak dapat bermanfaat jika penyebab diare anda adalah penyakit lain seperti Irritable Bowel Syndrome atau pankreatitis kronis, dimana kedua penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan mencerna lemak.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com