News & Events

bay

APAKAH YANG MEMPENGARUHI JUMLAH LEMAK DAN KALORI DALAM ASI?

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 4, April, 2017


Apa yang mempengaruhi jumlah lemak dan kalori dalam ASI? Seperti diketahui ASI mengandung nutrisi penting yang ideal dan diperlukan bayi. Didalam ASI terkandung lemak yang berpengaruh besar pada total kalori ASI. Kandungan lemak dalam ASI ternyata bisa bervariasi dari hari ke hari dan dalam tiap kali menyusui.

Berikut beberapa alasan jumlah lemak dan kalori dalam asi bisa berbeda beda:

  • Apa makanan yang dikonsumsi ibu? Penelitian memberitahu kita bahwa diet ibu tidak mempengaruhi jumlah rata-rata lemak atau kalori dalam ASI nya. Namun, ibu dapat mengubah jenis lemak dalam ASI dengan mengubah jenis lemak yang dikonsumsi. Peningkatan satu asam lemak umumnya bisa diharapkan terjadi bersamaan dengan penurunan asam lemak lain. Sebagai contoh, satu studi telah menunjukkan bahwa ibu kulit hitam di Afrika Selatan yang makan diet jagung tradisional memiliki asam lemak monunsaturated lebih rendah dalam susu mereka daripada ibu kota yang mengonsumsi lebih banyak protein hewani dan lemak.
  • Tingkat kekosongan payudara telah disebutkan oleh berbagai penelitian dapat mendorong peningkatan jumlah lemak dan kalori dalam ASI. Semakin penuh payudara, semakin rendah kandungan lemak dalam ASI. ¬†Semakin kosong payudara, semakin tinggi kandungan lemak susu.
  • Kompresi payudara telah terbukti meningkatkan kadar lemak susu (Stutte 1988). Dapat disimpulkan bahwa lemak pada ASI dapat lebih efektif ditingkatkan melalui cara ‘mechanical’ (seperti menyusui lebih lama dan sering, memijat payudara, kompresi dada, mengeluarkan foremilk sebelum menyusui) dibanding mengubah diet ibu.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com