News & Events

listeriosis

APAKAH PENYEBAB LISTERIOSIS?

Posted by Ernest Admin on Saturday, 29, April, 2017


Apakah penyebab listeriosis? Penyebab listeriosis adalah bakteri Listeria monocytogenes (L. monocytogenes). L. monocytogenes dapat ditemukan hidup di tanah dan air. Selain itu juga dapat sampai ke manusia melalui:

  • Sayuran bisa terkontaminasi dari tanah atau dari pupuk kandang yang digunakan sebagai pupuk.
  • Hewan bisa membawa bakteri dan bisa mencemari daging dan produk susu.
  • Makanan olahan, seperti keju lunak dan potongan dingin, bisa terkontaminasi setelah diolah.
  • Susu atau makanan yang tidak dipasteurisasi (mentah) yang dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi dapat terkontaminasi.

Listeria adalah kuman berbahaya yang bisa bersembunyi di banyak makanan. Penyakit ini bahkan pernah mewabah, penyebab listeriosis pada 1990-an terutama terkait dengan daging ayam dan hot dog. Kini, wabah Listeria sering dikaitkan dengan produk susu dan produksinya. Penyelidik telah menelusuri wabah baru-baru ini ke keju lunak, seledri, kecambah, blewah, dan es krim.

Keju lunak yang dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi diperkirakan 50 sampai 160 kali lebih mungkin menyebabkan infeksi Listeria daripada saat dibuat dengan susu pasteurisasi. Meski pasteurisasi susu membunuh Listeria, produk susu yang dipasteurisasi masih bisa terkontaminasi jika diproduksi di fasilitas dengan kondisi tidak sehat.

Rekomendasi untuk semua orang:

  • Pastikan labelnya mengatakan, “Dibuat dengan susu pasteurisasi.”
  • Sadarilah bahwa keju bergaya Hispanik yang terbuat dari susu pasteurisasi, seperti fresco queso, telah menyebabkan infeksi Listeria, kemungkinan besar karena terkontaminasi selama pembuatan keju.

Rekomendasi untuk orang yang berisiko tinggi, termasuk wanita hamil, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan kekebalan lemah:

  • Hindari mengonsumsi keju lunak, seperti queso fresco, queso blanco, panela (queso panela), brie, Camembert, blue-veined, atau feta, kecuali diberi label diproduksi menggunakan susu pasteurisasi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com