News & Events

asi 11

APAKAH PENINGKATAN BERAT BADAN BAYI YANG CEPAT MENIMBULKAN RISIKO OBESITAS DIKEMUDIAN HARI?

Posted by Ernest Admin on Monday, 3, April, 2017


Apakah peningkatan berat badan bayi yang cepat menimbulkan risiko obesitas dikemudian hari? Pertumbuhan bayi yang diukur melalui penambahan berat badan dan panjang sering dikaitkan dengan kecukupan nutrisi bayi. Para ibu tentu senang bila melihat peningkatan berat badan bayi yang cepat. Tapi ada usulan bahwa petumbuhan yang cepat terutama pada awal kehidupan bayi justru meningkatkan risiko bayi mengalami obesitas dikemudian hari. Apakah ini benar?

Sebuah studi tahun 2002 (Stettler N, Zemel BS, Kumanyika S, Stallings VA Peningkatan Berat Badan Bayi dan Status Kegemukan anak dalam Pediatrics 2002 Multisenter, Cohort Study; 109:.. 194-199) menerima banyak liputan pers dan membuat kekawatiran pada beberapa orang tua. Para peneliti menyimpulkan, “Sebuah pola peningkatan berat badan bayi yang cepat selama 4 bulan pertama kehidupan dikaitkan dengan peningkatan risiko status kelebihan berat badan pada usia 7 tahun, independen dari berat badan lahir dan berat mencapai pada usia 1 tahun.”

Namun, data penelitian termasuk prakteknya tidak dicantumkan informasi tentang bagaimana bayi diberi makan (termasuk panjang / eksklusivitas menyusui dan ketika makanan padat diperkenalkan). Penelitian ini mengamati data lebih dari 19.000 anak yang lahir antara 1959 dan 1965 di 12 kota di AS. Anak-anak ini lahir di sekitar tren tingginya pemberian susu formula di AS, dan juga pada saat pengenalan awal dari makanan padat mulai direkomendasikan. Kedua hal ini-pemberian susu formula dan awal pengnalan padatan telah terbukti meningkatkan kemungkinan obesitas.

Per La Leche League, Dr. Nicholas Stettler (yang memimpin penelitian ini) mengatakan bahwa ada cara mudah untuk mencegah obesitas ini. “Cukup ikuti pedoman American Academy of Pediatrics – menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan, diikuti dengan pengenalan makanan padat perlahan dan terus menyusui untuk satu tahun atau lebih “.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com