News & Events

asi 8

APAKAH PENINGKATAN BERAT BADAN BAYI SAYA TERLALU BANYAK?

Posted by Ernest Admin on Sunday, 2, April, 2017


Apakah peningkatan berat badan bayi saya terlalu banyak? Merupakan hal yang biasa bila bayi yang disusui peningkatan berat badan bayi lebih cepat daripada rekan-rekannya yang diberi susu formula (selama 2-3 bulan pertama) dan kemudian dikurangi (terutama antara 9 dan 12 bulan). Tidak benar-benar ada bukti bahwa peningkatan berat badan bayi yang cepat karena ASI eksklusif akan menjadi anak atau dewasa yang gemuk.  Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa bayi yang disusui secara eksklusif cenderung jarang menjadi anak atau orang dewasa yang obesitas dibanding bayi yang diberi susu formula.

Bayi yang naik berat badan dengan cepat selama masa balita sering mulai langsing setelah mereka menjadi lebih mobile; seperti mulai bergulir, merangkak, menarik tubuhnya keatas, berjalan, berlari, dll Seringkali balita adalah pemakan yang sangat pemilih dan / atau menjadi hampir terlalu “sibuk” untuk makan. Lemak yang disimpan selama masa bayi memastikan bahwa ada cukup persediaan untuk digunakan selama tahun aktif balita.

Perlu diingat juga, bahwa ASI adalah makanan yang sempurna. Ada tidak ada kalori kosong atau pengisi. Jumlah lemak atau kalori dalam ASI tidak dipengaruhi oleh diet asupan lemak atau gula yang dikonsumsi ibu. Namun, ibu dapat mengubah jenis lemak dalam ASI  dengan mengubah jenis lemak yang dia makan.

Jangan mencoba untuk membatasi asupan menyusui bayi Anda dengan merentangkan waktu menyusui, membatasi waktu menyusu, menggunakan dot sampai waktu yang ditentukan, atau menawarkan air sehingga bayi menyusu lebih sedikit. Membatasi pertumbuhan bayi dengan membatasi asupann ASI anda dapat berbahaya bagi bayi. Bayi anda membutuhkan nutrisi dan lemak untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Hanya dengan terus memberi makan bayi Anda saat bayi “meminta” barulah Anda dapat memastikan bahwa kebutuhannya terpenuhi dan pasokan susu Anda tetap terjaga.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com