News & Events

merokok 1

APAKAH MEROKOK MENINGKATKAN RISIKO RA?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 16, March, 2017


Apakah merokok meningkatkan risiko RA (rheumatoid arthritis)? Studi menunjukkan bahwa risiko seseorang mengembangkan rheumatoid arthritis tidak terbatas pada predisposisi genetik. Faktor risiko lingkungan juga berperan dalam yang mengembangkan rheumatoid arthritis, dan merokok telah terbukti menjadi salah satu faktor risiko lingkungan terkuat.

Mekanisme bagaimana merokok meningkatkan risiko RA tidak dipahami dengan baik, namun para peneliti menduga bahwa fungsi kekebalan tubuh yang rusak akibat merokok cenderung menimbulkan rheumatoid arthritis. Risiko ini dianggap lebih besar pada orang dengan jenis tertentu dari faktor genetik yang terkait dengan rheumatoid arthritis.

Merokok merupakan faktor risiko utama untuk mengembangkan rheumatoid arthritis yang benar-benar dapat dicegah. Merokok juga mengurangi efektivitas obat yang diresepkan untuk mengobati rheumatoid arthritis dan dapat menjadi penghalang untuk melakukan kegiatan yang dapat meredakan gejala rheumatoid arthritis, seperti olahraga.

Banyak orang dengan rheumatoid arthritis tidak menyadari bahwa merokok meningkatkan risiko RA dan membuat kondisi mereka lebih buruk. Mereka tidak menyadari hal ini sebagai alasan untuk berhenti merokok. Faktor-faktor lain yang unik pada penderita rheumatoid arthritis sehingga mereka sulit untuk berhenti merokok adalah gagasan bahwa merokok membantu mereka mengatasi rasa sakit rheumatoid arthritis, perasaan terisolasi dan perasaan kurangnya dukungan.

Tentu saja, merokok tidak baik untuk siapa pun dan juga meningkatkan risiko:

  •     Kanker Paru-paru dan kanker lainnya
  •     Penyakit pernapasan
  •     Penyakit kardiovaskular
  •     Osteoporosis

Jika Anda memiliki rheumatoid arthritis dan juga merokok, berhenti merokok bisa memiliki banyak manfaat. Bicaralah dengan dokter Anda tentang strategi untuk membantu Anda berhenti dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan serta perkembangan rheumatoid arthritis Anda.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com