News & Events

asi 12

APAKAH LEMAK DALAM ASI BERPENGARUH BESAR PADA PERTUMBUHAN BAYI?

Posted by Ernest Admin on Saturday, 1, April, 2017


Lemak dalam ASI berpengaruh besar pada pertumbuhan bayi? Pada 6 bulan pertama kehidupannya, bayi bisa bergantung sepenuhnya pada ASI. Ini sering disebut menyusui secara eksklusif. Kandungan lemak dalam ASI yang juga turut menentukan jumlah kalori ASI bisa bervariasi dari waktu ke waktu. Apakah berbahaya bila ternyata kandungan lemak dalam ASI sedikit?

Penelitian menyatakan bahwa asupan air susu ibu (ASI) oleh bayi (volume susu – bukan jumlah lemak dalam ASI) adalah satu-satunya hal yang telah berkorelasi dengan pertumbuhan bayi pada bayi yang menyusu secara eksklusif. Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan lemak rata-rata susu manusia sangat bervariasi. Namun kandungan lemak belum terbukti berpengaruh secara signifikan ketika menghitung total asupan energi atau peningkatan berat badan bayi.

Bagaimana dengan pengurangan  lemak susu?

Terkadang diperlukan (dalam kasus yang jarang terjadi), untuk mengurangi kandungan lemak dari ASI pada bayi dengan kondisi medis tertentu (seperti chylothorax).  Lemak susu bisa dihilangkan dengan mengguanakan alat sentrifugasi.

 Jangan pernah mencoba untuk menurunkan lemak dalam susu Anda (atau menempatkan bayi pada “diet” dengan cara lain) kecuali bayi memiliki kondisi medis yang mengancam jiwa yang membutuhkan ini. Bayi dan balita membutuhkan lemak untuk pertumbuhan otak. Jika Anda khawatir bahwa bayi Anda ASI adalah mendapatkan berat badan terlalu banyak, berkonsultasilah dengan dokter anda.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com