News & Events

h pylori 3

APAKAH INFEKSI H PYLORI MUDAH DISEMBUHKAN?

Posted by Ernest Admin on Monday, 10, July, 2017


H pylori. Apakah infeksi H pylori mudah disembuhkan? Helicobacter pylori (H. pylori) adalah sejenis bakteri. Kuman ini bisa masuk ke tubuh Anda dan hidup di saluran pencernaan Anda. Setelah bertahun-tahun, mereka dapat menyebabkan luka, disebut ulkus, di lapisan perut Anda atau bagian atas usus kecil Anda. Bagi sebagian orang, infeksi bisa menyebabkan kanker perut.

H pylori sulit untuk diberantas dari saluran pencernaan karena mampu mengembangkan resistensi terhadap antibiotik yang umum digunakan. Oleh karena itu, dua atau lebih antibiotik biasanya diberikan bersamaan dengan senyawa PPI (proton pump inhibitor) dan / atau bismut yang mengandung senyawa untuk membasmi bakteri. (Bismuth dan PPI memiliki efek anti-H pylori.)

Contoh kombinasi obat yang efektif adalah:

  • PPI, amoksisilin (Amoksil) dan klaritromisin (Biaxin)
  • PPI, metronidazol (Flagyl), tetrasiklin dan bismut subsalisilat (Pepto-Bismol, Bismuth)

Kombinasi obat ini dapat diharapkan bisa menyembuhkan 70% sampai 90% infeksi. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa resistensi H. pylori (kegagalan antibiotik untuk membasmi bakteri) terhadap klaritromisin biasa terjadi pada pasien yang pernah terpapar klaritromisin atau antibiotik makrolida kimiawi lainnya (seperti eritromisin).

Demikian pula, resistensi H. pylori terhadap metronidazol umum terjadi pada pasien yang pernah terpapar metronidazol sebelumnya. Pada pasien ini, dokter harus mencari kombinasi antibiotik lain untuk mengobati H. pylori.

Resistensi antibiotik adalah alasan lain mengapa antibiotik harus digunakan dengan hati-hati dan bijaksana untuk alasan yang benar, dan penggunaan antibiotik secara sembarangan karena alasan yang tidak tepat harus dicegah.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com