News & Events

anabolisme

APAKAH YANG DIMAKSUD ANABOLISME ITU?

Posted by Ernest Admin on Monday, 1, May, 2017


Apakah anabolisme itu? Anabolisme adalah proses dimana tubuh menggunakan energi yang dilepaskan oleh katabolisme untuk mensintesis molekul kompleks. Molekul kompleks ini kemudian digunakan untuk membentuk struktur seluler yang terbentuk dari prekursor kecil dan sederhana yang bertindak sebagai blok bangunan.

Anabolisme tersusun dari tiga tahapan dasar, yaitu:

  • Tahap 1 melibatkan produksi prekursor seperti asam amino, monosakarida, isoprenoid dan nukleotida.
  • Tahap 2 melibatkan aktivasi prekursor ini menjadi bentuk reaktif yang menggunakan energi dari ATP
  • Tahap 3 melibatkan perakitan prekursor ini menjadi molekul kompleks seperti protein, polisakarida, lipid dan asam nukleat.

Sumber energi untuk proses anabolik. Spesies organisme yang berbeda bergantung pada sumber energi yang berbeda.

Autotrophs/ produsen merupakan organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik (dapat membuat makanan sendiri) dengan bantuan energi seperti energi cahaya matahari dan kimia. Contoh organisme autotrof adalah tumbuhan yang dapat membangun molekul organik kompleks dalam sel seperti polisakarida dan protein dari molekul sederhana seperti karbondioksida dan air yang menggunakan sinar matahari sebagai energi.

Heterotrof, di sisi lain, memerlukan sumber zat yang lebih kompleks, seperti monosakarida dan asam amino, untuk menghasilkan molekul kompleks ini. Manusia, hewan, jamur dan bakteri, semua yang tidak bisa memproduksi makanan sendiri termasuk kedalam heterotrof.

Photoautotrof dan fotoheterotrof memperoleh energi dari cahaya sedangkan kemoautotrof dan chemoheterotrophs memperoleh energi dari reaksi oksidasi anorganik.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com