News & Events

hepatitis c

APAKAH AMAN JIKA IBU DENGAN HEPATITIS C MENYUSUI BAYINYA?

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 16, May, 2017


Apakah aman jika ibu dengan hepatitis c menyusui bayinya?

Apa itu Hepatitis C? Hepatitis C adalah penyakit hati menular yang berkisar pada tingkat keparahan dari penyakit ringan yang berlangsung beberapa minggu sampai penyakit serius seumur hidup yang menyerang hati. Ini berasal dari infeksi virus Hepatitis C (HCV), yang menyebar terutama melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi. Hepatitis C bisa berupa “akut” atau “kronis.” Infeksi virus Hepatitis C akut adalah penyakit jangka pendek yang terjadi dalam 6 bulan pertama setelah seseorang terkena virus Hepatitis C. Bagi kebanyakan orang, infeksi akut menyebabkan infeksi kronis. Infeksi virus Hepatitis C kronis adalah penyakit jangka panjang yang terjadi saat virus Hepatitis C tetap berada di tubuh seseorang. Infeksi virus hepatitis C dapat berlangsung seumur hidup dan menyebabkan masalah hati yang serius, termasuk sirosis (parut hati) atau kanker hati.

Apakah aman jika ibu dengan hepatitis c menyusi bayinya? Iya. Tidak ada bukti terdokumentasi bahwa menyusui menyebar HCV. Oleh karena itu, memiliki infeksi HCV bukan merupakan kontraindikasi untuk menyusui. HCV ditularkan melalui darah yang terinfeksi, bukan oleh ASI manusia. Tidak ada data terkini yang menunjukkan bahwa HCV ditularkan oleh ASI manusia.

Apakah aman bagi ibu dengan hepatitis c menyusui jika putingnya retak dan berdarah?

Data tidak cukup untuk mengatakan ya atau tidaknya ibu dengan hepatitis c menyusui bayinya. Namun, HCV disebarkan oleh darah yang terinfeksi. Oleh karena itu, jika puting ibu HCV-positif dan / atau areola di sekitarnya retak dan berdarah, dia harus berhenti menyusui sementara. Sebagai gantinya, dia harus mempertimbangkan untuk mengekspresikan dan membuang ASInya sampai putingnya sembuh. Begitu payudaranya tidak lagi retak atau berdarah, ibu positif HCV dapat sepenuhnya melanjutkan menyusui.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com