News & Events

ikterus 5

APA YANG MUNGKIN DITEMUKAN DALAM PEMERIKSAAN FISIK IKTERUS ASI?

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 8, August, 2017


Pemeriksaan fisik ikterus asi. Apa yang mungkin ditemukan dalam pemeriksaan fisik ikterus asi? Kulit kekuningan (dikenal dengan istilah icterus) pada bayi baru lahir bisa disebabkan karena konsumsi ASI yang kurang memadahi (Ikterus menyusui) atau masalah kesehatan seperti icterus ASI. Setelah bisa membedakan icterus fisiologis- patologis dari kemunculan gejala dan riwayat menyusui, ibu juga bisa membedakan icterus dari pemeriksaan fisik ikterus ASI lho. Beberapa pemeriksaan cukup sederhana untuk dikerjakan sendiri dan bisa ibu coba.

Berikut beberapa temuan pada pemeriksaan fisik ikterus ASI yang harus ibu ketahui.

  • Ikterus secara klinis biasanya pertama kali muncul pada sklera (bagian putih mata) dan wajah. Kemudian berjalan secara kaudal untuk mencapai perut dan ekstremitas. Tekanan lembut pada kulit membantu mengungkapkan tingkat penyakit kuning, terutama pada bayi yang berkulit gelap; Namun, pengamatan klinis bukanlah ukuran akurat dari tingkat keparahan hiperbilirubinemia.
  • Korelasi kasar antara tingkat bilirubin dalam darah dan warna kuning pada kulit (wajah berwarna kuning, menunjukkan kadar bilirubin dalam darah sekitar 5 mg / dL; perut tengah, kira-kira 15 mg / dL; telapak kaki, 20 mg / dL). Oleh karena itu, keputusan klinis harus selalu didasarkan pada kadar bilirubin serum. Kulit harus memiliki perfusi dan turgor normal dan tidak menunjukkan petechiae (bercak merah kecil pada kulit).
  • Pemeriksaan neurologis, termasuk refleks neonatal, harus normal, meski bayi mungkin mengantuk. Nada otot dan refleks (misalnya refleks Moro, pegang, rooting) harus normal. Untuk bagaimana pengerjaan reflex- reflex ini bisa dilihat di artikel selanjutnya.
  • Evaluasi status hidrasi dengan penilaian persentase berat lahir yang mungkin telah hilang, pengamatan selaput lendir, fontanel, dan turgor kulit.

Icterus asi fisiologis dapat dihindari dengan pemberian ASI yang mencukupi. Ayo tingkatkan pasokan ASI ibu dengan rutin mengkonsumsi ASIMOM. ASIMOM adalah suplemen herbal yang dapat membantu meningkatkan produksi dan pengeluaran ASI. Terbuat dari ekstrak daun katuk dan biji fenugreek yang secara empiris digunakan untuk melancarkan asi, ASIMOM  merupakan kombinasi suplemen yang sempurna untuk anda. ASI lancar ASIMOM solusinya.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com