News & Events

ikterus 6

APA SAJA PENYEBAB IKTERUS ASI? Part 1

Posted by Ernest Admin on Saturday, 19, August, 2017


Apa saja penyebab ikterus ASI? Penyakit kuning adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit dan putih mata menjadi kuning. Berikut beberapa penyebab ikterus asi:

  • Berdasarkan penelitian salah satu penyebab ikterus asi adalah suplementasi kalori tambahan. Suplementasi tambahan disamping asi, yaitu dengan dekstrosa 5% dalam air (D5W) dapat meningkatkan prevalensi atau derajat penyakit kuning.
  • Produksi susu yang tertunda dan pemberian makanan yang buruk menyebabkan penurunan asupan kalori, dehidrasi, dan peningkatan sirkulasi enterohepatik, sehingga menghasilkan kadar bilirubin serum yang lebih tinggi.
  • Penyebab biokimia ikterus ASI tetap dalam penyelidikan. Beberapa penelitian melaporkan bahwa lipoprotein lipase, ditemukan pada beberapa ASI, menghasilkan asam lemak rantai panjang yang tidak teresterifikasi, yang secara kompetitif menghambat aktivitas konjugasi glukoronil transferase.
  • Glucuronidase juga telah ditemukan pada beberapa ASI, yang menyebabkan penyakit kuning.
  • Penurunan aktivitas uridin diphosphate-glukuronil transferase (UGT1A1) dapat dikaitkan dengan hiperbilirubinemia berkepanjangan pada ikterus ASI. [8] Ini mungkin sebanding dengan apa yang diamati pada pasien dengan sindrom Gilbert. [9] Polimorfisme genetis promotor UGT1A1, khususnya T-3279G dan timidilin-tiineine adenin (TIK) 7 mengulang ulang tipe TATAA varian, ditemukan pada umumnya diwarisi di kulit putih dengan frekuensi alel yang tinggi. Promotor varian ini mengurangi aktivitas UGT1A1 transkripsi. Demikian pula, mutasi di wilayah pengkodean UGT1A1 (misalnya, G211A, C686A, C1091T, T1456G) telah dijelaskan di populasi Asia Timur; Mutasi ini mengurangi aktivitas enzim dan merupakan penyebab sindrom Gilbert.

Masih ada beberapa penyebab lain yang juga dapat mengakibatkan ikterus asi pada bayi yang akan dibahas pada artikel selanjutnya. Salah satu factor yang sering mengakibatkan gejala kekuningan pada bayi adalah asupan asi yang kurang. Untuk itu hadirlah ASIMOM, herbal berkashiat yang dapat membantu melancarkan produksi asi ibu.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com