News & Events

mastitis 2

APA PENYEBAB MASTITIS?

Posted by Ernest Admin on Friday, 2, June, 2017


Apa penyebab mastitis? Mastitis adalah penyakit peradangan pada payudara. Sering dijumpai terutama pada ibu yang menyusui. Mastitis bias menjadi cukup menyakitkan hingga ibu- ibu berhenti menyusui lho. Jangan sampai ibu jadi salahsatunya ya! Nah, karena merupakan penyakit yang sering mengganggu, yuk kita kenali penyebab mastitis agar kita bisa menghindarinya.

Diperkirakan sekitar 3-20% ibu menyusui dapat mengalami mastitis. Terdapat dua hal penting yang mendasari kita memperhatikan kasus ini. Pertama, karena mastitis biasanya menurunkan produksi ASI dan menjadi alasan ibu untuk berhenti menyusui. Kedua, karena mastitis berpotensi meningkatkan transmisi vertikal pada beberapa penyakit (terutama AIDS).

Sebagian besar mastitis terjadi dalam 6 minggu pertama setelah bayi lahir (paling sering pada minggu ke-2 dan ke-3), meskipun mastitis dapat terjadi sepanjang masa menyusui bahkan pada wanita yang sementara tidak menyusui.

Penyebab mastitis antara lain adalah pembengkakan payudara, saluran susu yang tersumbat, atau asi yang tertinggal di payudara setelah menyusui (stasis asi). Kondisi ini juga bisa menyebabkan infeksi, apalagi bila terjadi retakan atau luka pada puting susu karena kuman bisa masuk ke payudara melalui celah ini.

Jeda waktu yang terlalu panjang antara periode menyusui bayi atau gagal mengosongkan payudara sepenuhnya juga dapat menyebabkan mastitis. Cobalah gunakan teknik menyusui yang berbeda dan pastikan bayi Anda menyusu dengan benar saat menyusui akan membantu mengosongkan payudara dan menghindari puting retak.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com