News & Events

sperm 1

APA ITU SPERMA?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 23, March, 2017


Apa itu sperma? Sperma adalah sel reproduksi laki-laki dalam vertebrata. Istilah ini berasal dari kata Yunani “sperma” yang berarti “benih”. Pertama kali terlihat di bawah mikroskop pada tahun 1677 oleh Antonie van Leeuwenhoek yang menggambarkan mereka sebagai hewan kecil atau animalcules.

Sel ini pada mamalia terdiri dari kepala, leher, bagian tengah dan ekor.

  • Kepala mengandung inti dengan serat kromatin padat melingkar, dikelilingi oleh akrosom dibagian depan, yang mengandung enzim yang digunakan untuk menembus sel telur wanita.
  • Leher mengandung sentriol sperma.
  • Midpiece memiliki inti filamen pusat dengan banyak mitokondria, digunakan untuk produksi ATP (energi) untuk perjalanan melalui serviks, rahim dan tuba fallopi wanita.
  • Ekor atau “flagel” melakukan gerakan memukul yang mendorong spermatosit.

Spermatozoa mamalia dihasilkan melalui spermatogenesis dalam gonad jantan (testis) melalui pembelahan meiosis. Proses spermatozoon awal memakan waktu sekitar 70 hari. Tahap spermatid adalah di mana sperma mengembangkan ekor. Tahap berikutnya dimana ia menjadi sepenuhnya matang memakan waktu sekitar 60 hari dan selanjutnya disebut spermatozoa.  Sel sperma dikeluarkan dari tubuh laki-laki dalam cairan yang dikenal sebagai air mani.

Sel sperma manusia bisa bertahan hidup dalam saluran reproduksi wanita selama lebih dari 5 hari pasca coitus. Semen diproduksi dalam kelenjar vesikula seminalis, kelenjar prostat dan uretra.  Meskipun air mani mengandung jutaan sel, sel telur hanya dapat dibuahi oleh satu sperma. Yang lain akan segera mati dan diserap.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com