News & Events

nodul rematik

APA ITU NODUL REMATIK?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 23, March, 2017


Nodul rematik. Apa itu nodul rematik? Nodul rheumatoid adalah benjolan keras di bawah kulit. Sekitar 20% penderita rheumatoid arthritis dapat memiliki nodul rheumatoid ini. Mereka terbentuk dekat dengan sendi yang terkena rheumatoid arthritis. Benjolan ini dapat berukuran sebesar kacang walnut atau sekecil kacang polong. Tidak semua orang dengan RA memiliki nodul rheumatoid.

Beberapa nodul bisa bergerak. Lainnya tinggal tetap di tempatnya karena mereka terhubung dengan tendon atau terikat dari jaringan yang disebut fascia bawah kulit.

Nodul rematik sering muncul di:

  • Tangan
  • Jari jari
  • Buku jari
  • Siku

Mereka dapat terbentuk pada pita suara dan menyebabkan suara serak. Anda juga bisa mendapatkan nodul dalam paru-paru, jantung, dan organ lainnya, yang dapat mempengaruhi bagaimana organ- organ ini bekerja.

Nodul biasanya tidak memberikan masalah pada kebanyakan orang dengan RA. Tapi untuk beberapa orang, mereka menyakitkan dan membuat lebih sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ini biasanya disebabkan oleh nodul yang berada pada daerah yang  menekanan saraf, membatasi gerakan, atau berada di lokasi yang sensitif. Nodul ini biasanya tidak perlu dihilangkan kecuali bila menyebabkan masalah. Jika anda terganggu dengan nodul rematik ini, berkonsultasilah pada dokter untuk kemungkinan menghilangkannya.

Nodul rheumatoid berbatas tegas dan terbuat dari jaringan inflamasi, tetapi di bawah mikroskop menunjukkan perubahan inflamasi yang intens yang berbeda dari yang ditemukan dalam sendi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com