News & Events

Apa Itu Kanker?

Apa Itu Kanker ?

Posted by alamaya on Wednesday, 26, August, 2015


Apa Itu Kanker?

Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit dimana sel-sel abnormal membelah diri tidak terkendali, dan kemudian sel-sel abnormal ini menyerang jaringan terdekat atau berpindah ke jaringan yang jauh dengan cara masuk ke pembuluh darah atau sistem limpatik.
Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah untuk semua tumor ganas.
Kanker dimulai dari sel, yang merupakan unit dasar dari kehidupan. Agar tubuh manusia bisa berfungsi secara normal, setiap organ tubuh harus memiliki sejumlah sel tertentu. Sel-sel ini tumbuh dan berkembang untuk menjaga fungsi tubuh. Ketika sel tua atau rusak, Sel-sel ini harus digantikan melalui proses pembelahan sel. Tetapi kadang proses ini tidak sesuai dengan normalnya, materi genetik dalam DNA sel dapat menjadi rusak atau berubah. Terjadi mutasi yang memberikan perubahan pada pertumbuhan sel, ketika hal itu terjadi sel tidak mati seperti biasanya dan sel yang baru tidak menggantikan sel yang mati. Sel ekstra inilah yang dapat tumbuh di jaringan menjadi tumor. Tumor disini adalah pertumbuhan jaringan biologis yang tidak normal, Pertumbuhannya dapat menjadi ganas (malignant) atau jinak (benign). Tumor jinak bukanlah kanker, tumor ini mudah diangkat lewat operasi, dan sebagian tidak tumbuh lagi setelah diangkat dan tidak menyebar ke anggota tubuh yang lain. Sebaliknya tumor ganas adalah kanker. Sel kanker dapat menyebar ke jaringan terdekat dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Penyebaran sel kanker ke bagian tubuh yang lain disebut metastasis.
Kanker bukan hanya satu penyakit tapi banyak penyakit. Ada lebih dari 100 jenis penyakit kanker yang telah ditemukan. Sebagian besar kanker diberi nama sesuai dengan nama organ atau jenis sel dimana mereka mulai ditemukan, misalnya kanker yang dimulai di usus besar disebut kanker usus besar.
Kanker dapat dikelompokkan dalam lima kategori besar:
1.Carcinoma : kanker yang dimulai di kulit atau pada jaringan yang mencakup garis atau organ internal
2. Sarcoma : kanker yang dimulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah atau jaringan yang mendukung jaringan penghubung.
3. Leukimia: kanker yang dimulai dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang, dan menyebabkan sejumlah sel darah abnormal diproduksi
4. Lymphoma dan Myeloma: kanker yang dimulai di sel-sel sistem kekebalan tubuh.
5. Central Nervous System Cancer: Kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com