News & Events

jerawat

APA ITU JERAWAT?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 1, June, 2017


Apa itu jerawat. Kata jerawat/acne berasal dari kata acme yang berarti “titik tertinggi,”.  Acme yang berasal dari bahasa Yunani berarti “titik” atau “spot” – mengalami salah penulisan dengan ‘n’ dan bukan ‘m’ seperti seharusnya pada tahun 1835.

Jerawat/acne adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat/acne vulgaris adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah acne vulgaris ternama di dunia berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.” Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya keluhan ini adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Jerawat, yang secara medis dikenal sebagai Acne Vulgaris, merupakan penyakit kulit yang melibatkan kelenjar minyak di dasar folikel rambut. Pada manusia, cenderung tampak pada wajah, punggung, dada, bahu dan leher.

Sederhananya – sel kulit, sebum dan rambut bisa menggumpal menjadi satu sumbatan, sumbatan ini terinfeksi bakteri, sehingga terjadi pembengkakan. Biasanya lesi mulai berkembang saat sumbatan tersebut rusak/ pecah.

Para ilmuwan dari Washington University School of Medicine menemukan bahwa ada bakteri baik dan buruk yang menentukan tingkat keparahan dan frekuensi pengembangan acne vulgaris. Mereka menjelaskan dalam Journal of Investigative Dermatology (edisi Maret 2013) bahwa tidak semua bakteri yang dapat menyebabkan acne vulgaris memicu penyakit ini – penelitian ini menunjukka ada satu strain yang mereka identifikasi justru dapat membantu menjaga kulit bebas jerawat. Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com