News & Events

ikterus 1

APA ITU IKTERUS ASI?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 3, August, 2017


Apa itu ikterus asi. Ikterus adalah gambaran klinis berupa pewarnaan kuning pada kulit dan mukosa karena adanya deposisi produk akhir katabolisme sel darah merah yaitu bilirubin. Penyakit kuning, atau kekuningan pada kulit dan mata, merupakan kondisi yang sangat umum pada bayi yang baru lahir. Sebenarnya, sekitar 60 persen bayi mengalami ikterus dalam beberapa hari setelah dilahirkan. Hal ini bisa terjadi bila bayi memiliki kadar bilirubin yang tinggi dalam darahnya. Bilirubin adalah pigmen kuning yang dihasilkan selama pemecahan sel darah merah.

Biasanya, bilirubin melewati hati, yang melepaskannya ke dalam saluran usus. Pada bayi yang baru lahir, hati belum berkembang sempurna dan mungkin tidak dapat menghilangkan bilirubin dari darah. Bila ada terlalu banyak bilirubin dalam darah, bisa tampak di kulit. Hal ini menyebabkan kulit dan mata tampak kuning.

Ikterus ASI adalah sejenis penyakit kuning yang terkait dengan menyusui. Biasanya terjadi satu minggu setelah kelahiran. Kondisinya terkadang bisa bertahan hingga 12 minggu, namun jarang menimbulkan komplikasi pada bayi sehat dan menyusu.

Penyebab pasti ikterus ASI tidak diketahui. Namun, ini mungkin terkait dengan zat dalam ASI yang mencegah protein tertentu di hati bayi untuk memecah bilirubin. Kondisi juga bisa berjalan dalam keluarga. Penyakit ini jarang terjadi, mempengaruhi kurang dari 3 persen bayi. Bila itu terjadi, biasanya tidak menimbulkan masalah dan akhirnya hilang dengan sendirinya. Aman untuk terus menyusui bayi.

Penting untuk dicatat bahwa ikterus karena ASI tidak terkait dengan penyakit kuning menyusui. Penyakit kuning menyusui hanya berkembang pada bayi baru lahir yang  tidak mendapatkan cukup ASI. Bayi dengan ikterus karena ASI, di sisi lain, bisa menyusu dengan benar dan mendapat ASI dalam jumlah cukup.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com