News & Events

ikterus 4

ANGKA KEMATIAN PENYAKIT KUNING PADA BAYI

Posted by Ernest Admin on Monday, 7, August, 2017


Angka kematian penyakit kuning pada bayi. Satu dari dua bayi yang baru lahir menderita kuning(jaundice). penyakit kuning pada bayi disebabkan fungsi hati (liver) yang belum sempurna berjuang memproses penghancuran normal sel darah merah, sehingga terjadi penumpukan bilirubin dalam darah yang kemudian menyebabkan warna kuning pada kulit dan bagian putih mata, dua hari setelah lahir.

Prognosis/ perkiraan perjalanan penyakit kuning pada bayi sebenarnya sangat baik, angka kematian penyakit kuning pada bayi cenderung rendah. Meskipun, penyakit kuning pada bayi yang disusui bisa bertahan selama 12 minggu. ASI ikterus pada bayi sehat jarang menyebabkan kern ikterus (ensefalopati bilirubin).

Laporan kasus menunjukkan bahwa beberapa bayi yang menyusu namun mendapat asupan ASI rendah untuk jangka waktu lama serta kadar bilirubinnya melebihi 25 mg / dL berisiko mengalami kernikterus. Kernicterus (bilirubin encephalopathy) adalah penyebab kelumpuhan serebral yang dapat dicegah.

Sekelompok bayi yang mendapat ASI yang berisiko mengalami komplikasi adalah bayi prematur yang menyusu dengan buruk.

Bilirubin ensefalopati (kernikterus) dapat terjadi pada bayi yang disusui secara eksklusif tanpa hemolisis atau kondisi patologis spesifik lainnya. Membedakan antara ikterus karena menyusui dan ikterus ASI sangat penting, karena ensefalopati yang disebabkan bilirubin lebih sering terjadi pada ikterus karena menyusui . Bayi baru lahir cenderung menampakkan ikterus menyusui karena kesulitan mendapatkan asi yang memadai, penurunan berat badan lebih banyak, dan ketidakmatangan organ hati.

Angka kematian penyakit kuning pada bayi meningkat dengan adanya komplikasi kern ikterus.

Ras. Apakah perbedaan rasial diamati pada ikterus ASI kurang jelas, walaupun prevalensi ikterus fisiologis meningkat pada bayi keturunan China, Jepang, Korea, dan Amerika Asli.

Seks. Tidak ada predileksi seks yang diketahui.

Usia. Penyakit ikterus ASI bermanifestasi setelah 4-7 hari pertama kehidupan dan bisa bertahan selama 3-12 minggu.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com