News & Events

ra

ANGKA KEJADIAN RHEUMATOID ARTHRITIS

Posted by Ernest Admin on Friday, 3, March, 2017


Penyakit Rheumatoid Arthritis atau rematik artritis sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya penderita mendorong berbagai penelitian dibidang epidemiolgi untuk turut menelitinya. Angka kejadian suatu penyakit penting diketahui untuk menentukan pencegahan dan edukasi masyarakat, agar pertumbuhan penyakit bisa ditekan seminimal mungkin.

Terlebih dahulu mari kita ketahui apa itu Rheumatoid Arthritis. Kata arthritis berasal dari dua kata Yunani. Pertama, arthron, yang berarti sendi. Kedua, itis yang berarti peradangan. Secara harfiah, arthritis berarti radang sendi. Sedangkan rheumatoid arthritis adalah suatu penyakit autoimun dimana persendian (biasanya sendi tangan dan kaki) mengalami peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi.

Rheumatoid arthritis secara global menyerang semua etnis dan usia, dengan angka kejadian yang berbeda-beda sebesar 0,3-5 persen. Tapi gangguan itu cenderung meningkat pada usia dewasa muda atau usia pertengahan dan usia produktif. Wanita 3-4 kali lebih  berisiko terkena, serta lebih banyak terjadi di negara berkembang.

Prevalensi penyakit RA di Indonesia saat ini belum diketahui secara pasti. Dalam penelitiannya, Darmawan et al., pada tahun 1993 menyebutkan prevalensi RA di Indonesia 0,2% untuk penduduk di daerah  pedesaan dan 0,3% untuk penduduk di daerah kota. Di Indonesia, diperkirakan, pada kelompok dewasa di atas 18 tahun ada 0,1-0,3  persen penderita. Sedangkan pada anak-anak dan remaja yang kurang dari 18 tahun ada 1 dari 100 ribu penduduk. Kini diperkirakan ada sekitar 360 ribu pasien rheumatoid arthritis dewasa di Indonesia. Kendati prevalensinya rendah, penyakit ini sangat progresif dan paling sering menyebabkan kecacatan. Kerusakan sendi sudah mulai terjadi pada enam bulan pertama setelah terserang penyakit ini, sedangkan kecacatan terjadi 2-3 tahun kemudian bila tidak diobati.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com