News & Events

ikan

ANDA MENDERITA RHEUMATOID ARTHRITIS, PERBANYAK KONSUMSI IKAN!

Posted by Ernest Admin on Saturday, 1, April, 2017


Perbanyak konsumsi ikan bila anda menderita rheumatoid arthritis. Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.

Mengapa omega 3 penting untuk penderita RA? Penderita RA umumnya memproduksi sitokin (mediator inflamasi) secara berlebihan. Lemak tak jenuh ganda terutama omega 3 akan membantu menekan sitokin proinflamasi. Karenanya dapat bermanfaat mengurangi nyeri pada sendi dan kekakuan pagi. Beberapa pasien melaporkan pengurangan konsumsi obat setelah konsumsi ikan kaya omega 3 atau suplemen omega 3.

Omega-3 merupakan asam lemak yang banyak terdapat pada ikan salmon, sarden, hering, teri, tuna, trout, makerel dan ikan air dingin lainnya. Para ahli menyarankan untuk perbanyak konsumsi ikan. Makanlah sekitar dua porsi (3-ons/porsi) ikan setiap minggu. Hal serupa juga direkomendasikan oleh The american heart association yaitu konsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Cara memasak ikan juga perlu diperhatikan, ikan sebaiknya dipanggang dan tidak digoreng. Pemanggangan akan lebih mempertahankan kandungan lemak sehat pada ikan.

Perbanyak konsumsi ikan terbukti bermanfaat untuk RA. Beberapa ikan yang disarankan:

  • Makarel atlantik: Spesies ikan ini mengandung omega-3 yang baik untuk jantung dan akan memberikan 20 gram protein dalam setiap 3 ons porsi filletnya.
  • Salmon: Setiap satu porsi 3 ons ikan salmon, mengandung 700 hingga 1.800 miligram kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh Anda.
  • Sarden: Mengandung lebih banyak omega-3 per 3 ons porsinya , jika dibandingkan dengan salmon dan tuna. Selain itu sarden juga salah satu dari banyak makanan yang secara alami tinggi kandungan vitamin D.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com