News & Events

katuk

AMANKAH DAUN KATUK DIKONSUMSI?

Posted by Ernest Admin on Thursday, 5, October, 2017


Amankah daun katuk dikonsumsi? Daun katuk adalah salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan, terutama untuk meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Bagi anda yang senang membaca berita seputar tanaman herbal, mungkin anda pernah mendengar bahwa daun katuk dapat mengakibatkan gangguan pernafasan.

Lantas apakah itu benar? Haruskah anda menghindari daun katuk karenanya? Tentusaja tidak, efek samping yang tidak diinginkan dapat timbul bila konsumsi anda berlebihan, dengan pengetahuan dosis yang sesuai anda akan dapat memetik manfaat daun katuk tanpa perlu mengkhawatirkan efek sampingnya. Buktinya katuk masih kerap dikonsumsi baik sebagai obat atau makanan.

Daun ini adalah salah satu sayuran daun yang paling populer di Asia Selatan dan Asia Tenggara dan terkenal dengan hasil dan palatabilitas tinggi. Di Vietnam, daun katuk dikonsumsi oleh penduduk setempat dengan memasaknya dengan daging kepiting, daging babi cincang atau udang kering untuk membuat sup. Di Malaysia, biasanya daun katuk dikonsumsi dengan digoreng dengan telur atau anchovy kering. Bunga dan buah keunguan kecil dari tanaman juga dimakan Di Indonesia, daun tanaman digunakan untuk membuat infus, dipercaya bisa memperbaiki aliran ASI bagi ibu menyusui. Lalu bagaimana dengan bukti penelitian terkait efek samping katuk terhadap pernafasan, apakah ada?

Beberapa penelitian memang telah melaporkan disfungsi paru sebagai efek samping mengkonsumsi S. androgynus. Studi pertama tentang efek toksik S. androgynus dilakukan oleh Bender dan Ismail. Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi yang tidak perlu dari tanaman ini oleh orang tua di Malaysia menyebabkan kantuk dan konstipasi, menunjukkan bahwa daun segar S. androgynus mengandung alkali “alkaloid” 580 mg per 100 gram. Ini adalah jumlah yang berlebihan, bila dibandingkan dengan hanya 200 mg papaverine per hari yang diperlukan sebagai obat antispasmodik.

Efek samping ini tentu didapatkan dari konsumsi dalam jangka waktu lama dan jumlah yang cukup banyak. Konsumsi dalam jangka waktu relative singkat dan kadar yang terukur sesuai kadar aman tentu tidak akan menimbulkan efek buruk.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com