News & Events

katuk 6

AKTIVITAS ANTIMIKROBA DAUN KATUK

Posted by Ernest Admin on Saturday, 14, October, 2017


Aktivitas antimikroba daun katuk. Daun katuk yang memiliki nama latin Sauropus androgynus diketahui juga memiliki efek mematikan terhadap mikroorganisme peneyebab penyakit.

Sebuah penelitian menyatakan ekstrak daun katuk ternyata efektif dalam membasmi mikroorganisme seperti bakteri Bacillus cereus, salah satu bakteri yang umumnya menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau mual mutah. Selain Bacillus cereus, daun katuk juga efektif sebagai antimikroba untuk bakteri Proteus vulgaris (bakteri yang sering menginfeksi luka, maupun penyebab infeksi saluran kencing pada pasien di rumah sakit) serta Staphylococcus aureus (bakteri yang banyak terdapat pada hidung dan kulit namun dapat menyebabkan bakteriemia/sepsis).

Ekstrak yang digunakan dalam penelitian aktivitas antimikroba daun katuk tersebut adalah ekstrak yang terlarut dalam metanol dan etanol. Ada juga penelitan yang menggunakan ekstrak air, namun hasilnya menunjukkan kemampuan antibakteri sedang, tidak sebaik ekstrak yang terlarut dalam metanol dan etanol.

Aktivitas antimikroba daun katuk ini kemudian dikonfirmasi oleh Ariharan dkk. Penelitian ini juga menemukan bahwa ekstrak metanol secara signifikan menunjukkan peningkatan aktivitas antibakteri dibandingkan dengan ekstrak air terhadap bakteri gram positif.

Sebuah studi lebih lanjut menemukan bahwa ekstrak etanol S. androgynus menghasilkan efek antibakteri yang lebih tinggi terhadap Klebsiella pneumonia dan S. aureus dibandingkan dengan ekstrak air.

Selain sebagai antibakteri, ekstrak daun katuk/ S. androgynus juga ditemukan memiliki efek antijamur terhadap beberapa jamur seperti Aspergillus flavus dan Candida albicans.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com