News & Events

katuk 2

AKTIVITAS ANTI INFLAMASI DAUN KATUK

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 10, October, 2017


Aktivitas anti inflamasi daun katuk. Daun katuk ternyata dapat bermanfaat untuk meredakan peradangan atau inflamasi. Berikut bukti penelitian mengenai aktivitas anti inflamasi daun katuk.

Aktivitas anti inflamasi daun katuk dilaporkan oleh Senthamarai Selvi dan Bhaskar. Penelitian ini mengevaluasi efek ekstrak daun etanol dan daun berair dari ramuan ini pada tikus Wistar menggunakan indikator edema cakar tikus yang diinduksi carrageenan (rumput laut).

Ekstrak etanol menunjukkan aktivitas anti inflamasi daun katuk yang lebih tinggi daripada ekstrak air. Hal ini didukung oleh penelitian lain tentang sifat anti-inflamasi in vitro dari ekstrak metanol daun katuk, yang menunjukkan aktivitas penghambatan nitrat oksida yang signifikan dengan menggunakan uji Griess.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun Sauropus androgynus menunjukkan aktivitasnya di berbagai bidang derajat melawan peradangan, nyeri dan demam dll. Dengan mengaktifkan siklooksigenase, tingkat prostaglandin, terutama PGE2, meningkat secara nyata dan produksinya memprovokasi peradangan, nyeri dan demam. Reduksi signifikan serta efek penghambatan ekstrak pada volume edema cakar yang diinduksi carrageenan adalah indikasi potensi anti inflamasi tanaman ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun Sauropus androgynus mengakibatkan penurunan suhu tubuh yang signifikan pada tikus. Penurunan suhu akibat demam oleh ekstrak dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap biosintesis prostaglandin yang diyakini sebagai pengatur suhu tubuh.  Penelitian ini menegaskan bahwa daun Sauropus androgynus dapat bermanfaat dalam pengelolaan peradangan, nyeri dan demam. Efek anti inflamasi ini mungkin karena, sebagian, dengan adanya fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, steroid atau terpen.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com