News & Events

bayi2

5 KONDISI KESEHATAN YANG MENGAKIBATKAN LARANGAN MENYUSUI

Posted by Ernest Admin on Thursday, 15, December, 2016


Pada umumnya menyusui selalu dianjurkan pada ibu-ibu yang baru melahirkan, berbagai manfaat menyusui baik bagi ibu maupun sang buah hati dapat kita baca diberbagai artikel. Namun ternyata ada beberapa kondisi kesehatan yang justru melarang ibu untuk menyusui, berikut ulasannya:

Ibu positif HIV. HIV singaktan dari Human Immunodeficiency Virus, virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia dan menurnunkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Virus HIV dapat ditularkan melalui air susu ibu ke bayi, sehingga menyusui dilarang bagi ibu yang telah positif HIV.

Ibu mengidap penyakit TBC yang tidak diobati. Tuberkulosis/ TB adalah infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. TB merupakan penyakit menular yang penularannya melalui udara, sehingga ibu dengan TB positif yang tidak diobati akan dengan mudah menularkan penyakit pada bayi.

Ibu sedang menjalani kemoterapi untuk kanker. Pada kemoterapi tubuh diberi obat untuk membunuh sel- sel kanker, sayangnya obat ini keras dan sering kali juga membunuh sel-sel yang sebenarnya sehat. Dalam 48 jam setelah kemoterapi, obat kemoterapi yang keras ini mulai dikeluarkan dari tubuh, melalui air kencing, keringat dll. Ibu yang sedang menjalani kemoterapi dianjurkan untuk tidak menyusui supaya bayinya tidak terkena obat kemoterapi yang keras.

Ibu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat berdampak buruk pada bayi. Beberapa obat penenang, obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, antibiotik, anti-alergi dan beberapa pereda nyeri tidak dianjurkan untuk ibu menyusui, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter sebelum meminum obat-obatan saat anda menyusui.

Bayi anda mengalami galaktosemia, suatu kondisi medis langka, dimana bayi anda tidak dapat mencerna gula alami yang disebut galaktosa yang terkandung dalam ASI.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com